Orange County Soccer Club, Klub Kecil L.A Yang Menggebrak USL

Orange County Soccer Club, Klub Kecil L.A Yang Menggebrak USL – Orange County Soccer Club merupakan klub sepak bola profesional satu-satunya di Orange County Los Angeles. Orange County SC [OCSC] kini menjadi bagian dari United Soccer League (USL), atau sering juga disebut Divisi II liga sepak bola profesional AS. Liga ini termasuk yang paling cepat berkembang di dunia, yang terdiri dari 34+ tim di seluruh Amerika Serikat.

Sementara tim ini akan merintis kebanggaan tersendiri bagi Orange County, juga publik Irvine pada umumnya, meskipun mereka masih klub sepak bola kecil yang bermarkas di Great Park Irvine yang selama beberapa beberapa waktu mencoba promosi menuju liga profesional terbesar MLS. OCS, memang berjalan tertatih-tatih dari rekam jejak pemain yang direkrut sampai pada fasilitasnya yang masih samar-samar sejak 2011, disebut demikian karena klub ini memang memiliki sarana yang terbatas, hanya stadion dengan kapasitas 5000 penonton. Akan tetapi aspirasi dan ambisi mereka sangat besar.

Klub ini pernah mencapai posisi impian dengan memenangkan puncak kejuaraan Wilayah Barat yang ketat pada musim kompetisi 2018 dengan rekor 20 menang 8 kalah 6 seri, yang membuat mereka memasuki playoff USL kali pertama, di mana mereka berhadapan dengan tim dari Phoenix, Sacramento, Cincinnati. Sayangnya mereka kalah dari Phoenix Rising 1-2 di Final Konferensi. Poin mereka pun lebih rendah dari FC Cincinnati yang akhirnya bisa melaju ke MLS.

Walau begitu, pencapaian itu jauh di luar dugaan, meski kebangkitan mereka semestinya dinilai wajar, jika kalau bukan karena Braeden Cloutier yang ada di posisi pelatih nya. Cloutier selama pra musim tahun 2017, mengumpulkan sekelompok pemain dalam selesksi yang ketat, beberapa di antaranya memiliki pengalaman luas di klub-klub besar di luar negeri dan di Major League Soccer. Pemain ini hanya kalah dua kali dalam 16 pertandingan sejak awal Juli, telah mencetak jauh lebih banyak gol (70) dari rival rivalnya di konferensiBarat, dan telah menunjukkan kemampuan untuk mencetak gol di saat-saat terakhir pertandingan.

OCSC terus berkembang. Tim juga telah bangkit dari ketinggalan enam kali, menang atau seri dan telah mencetak gol penentu dalam empat kemenangan – tiga gol sejak 22 Agustus 2018- dan satu kali imbang dalam 10 menit terakhir. Untuk menang merupakan bagian dari rencana ketika James Keston, seorang investor dengan latar belakang real estat, membeli klub itu dua tahun lalu.

Dia penggemar sepak bola seumur hidup, yang bersama ayahnya terlibat ketika MLS membentuk tim di Seattle dan Portland, dan dia telah menghabiskan lebih dari $ 5 juta biaya ekspansi di USL untuk mengambil alih kendali klub pada Agustus 2016. Keston mengubah citra klub, yang sebelumnya dikenal sebagai Los Angeles Blues dan kemudian Orange County Blues, membangun markas di Great Park, memperluas staffing klub, dan menciptakan kemitraan dengan beberapa klub sepak bola dan futsal amatir di Orange County dan San Diego.

“Ketika saya masuk, klub ini tidak ada branding sama sekali,” kata Keston. “Klub ini bahkan hanya punya tiga orang di kantor. Ini jelas bukan bisnis sepak bola professional.” Sekarang terdapat 30 orang staf, termasuk mantan wakil presiden penjualan pemasaran dan penjualan tiket Robert Alvarado dan mantan direktur penjualan dan pelayanan acara Orange County Fair, Mark Entner, dan klub ini berupaya meningkatkan pengaruhnya di Orange County.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!