California Sunshine L.A, KLub Sepak Bola Orange County Pertama

California Sunshine L.A, KLub Sepak Bola Orange County Pertama – California Sunshine adalah klub sepak bola Amerika yang bermarkas di Fountain Valley, California yang merupakan bagian dari American Soccer League. Tim tersebut dimiliki oleh Dr. Robert Everakes berserta istrinya Alexandra, Alexandra sendiri berperan sebagai manajer umum. Kandang atau tempat latihan mereka berada di stadion Universitas Chapman di Orange, California, dan Eddie West Field di Stadion Santa Ana (alias Santa Ana Bowl) di Santa Ana, California tetapi venue pertandingan eksibisi di lakukan di Universitas California di Riverside, California, atau Stadion Palm Springs di Palm Springs, California. Musim pertama klub ini memulai karir adalah tahun 1977, tetapi tim tersebut gulung tikar pada tahun 1981 setelah bermain empat musim. Pelatih kepala adalah Derek Lawther.

California Sunshine di masanya adalah satu-satunya klub olah raga berbasis di Orange County yang bermain di liga nasional, American Soccer League yang merupakan kasta tertinggi dari liga AS (1933-1983). Saat California Selatan menjadi sarang dari kegandrungan sepak bola, yang tengah booming di kalangan kaum muda pada akhir tahun 1970-an. Wilayah ini merupakan tambang emas yang menarik dieksploitasi oleh ASL dan NASL yang lebih ambisius dan lebih dianggarkan. Pada tahun 1978, NASL memiliki lima klub aktif di Orange County dan Los Angeles County.

The Sunshine di masanya termasuk klub yang sangat kuat di lapangan, pada 1978 dan 1979. Klub ini jadi pemuncak liga dengan 22 menang -3 seri – 3 kalah, tetapi tersingkir dari babak playoff dengan sangat mengecewakan. Mereka kandas di semifinal oleh sang juara Sacramento Gold. Klub ini lalu melatih beberapa pemain yang akan melanjutkan karir panjang dan sukses di sepak bola dalam ruangan [futsal] di tahun 1980-an, termasuk mengajak striker Inggris Andy Chapman dan pemain depan Amerika Joey Fink dan Poli Garcia. Garcia mencetak 15 gol untuk Sunshine pada tahun 1979 dan memenangkan penghargaan ASL’s Most Valuable Player.

Masalah Keuangan
Seperti kebanyakan klub ASL, kondisi keuangan Sunshine selalu melorot. Selama, musim pertama di musim panas 1977, Sunshine bergulir –lebih tepatnya jumpalitan berganti tiga Presiden, saat ada dua kali pergantian kepemilikan, hingga pemilik yang terakhir ikut jengah. Pada satu titik, pemain tidak dibayar selama enam minggu. Pada akhir musim panas itu, Dr. Robert Everakes muncul sebagai pemilik klub.

Dr. Everakes dan istrinya Alexandra akan ambil alih Sunshine sebagai dan dikenal sebagai ayah dan ibu klub selama sisa keberadaan tim. The Sunshine dikeluarkan dari liga selama beberapa jam pada tahun 1979 ketika Everakes tidak dapat berikan uang jaminan untuk membayar iuran tahunan liga. Setelah musim yang bagus di tahun 1979, tim lalu dibongkar kembali di awal musim 1980. Owner yang kekurangan uang memangkas pemain bergaji besar tapi berkinerja tinggi seperti Andy Chapman dan Alan Kelley dan memberlakukan pemotongan gaji 50% pada mereka yang tetap tinggal. Kepala Pelatih Derek Lawther juga akan mengundurkan diri karena masalah keuangan sebelum musim berakhir.

Setelah musim 1980, Golden Gate Gales dan Sacramento Gold gulung tikar, menyisakan hanya Sunshine sebagai satu-satunya klub American Soccer League yang masih berdiri di Pantai Barat. Everakes sendiri mengklaim mereka siap untuk bergerak maju. Tetapi pada Maret 1981 Komisaris ASL Mario Machado mengumumkan bahwa Sunshine bubar, mereka tenggelam di ufuk Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!